Senin, 21 April 2008

Silabus BK SLTP

PROGRAM KEGIATAN LAYANAN BIMBINGAN KONSELING DI SEKOLAH
A. Persiapan
Penyusunan Prosata Jenjang (termasuk Program & Alokasi waktu)
Pembuatan Program Satuan Pelajaran (termasuk LKS)
Penyediaan Fasilitas (ruang BK, meja dan kursi, lemari, papan tulis, dsb)
B. Pengumpulan Data
Observasi (individual dan kelompok)
Interview (langsung dan tidak langsung)
Angket (siswa dan orang tua)
Tes Psikologis (kemampuan, bakat, minat, dsj)
Hasil Prestasi Belajar (nilai ulangan, nilai raport)
Daftar kehadiran dan absensi
Laporan kasus (dari Guru, orang tua, teman, dsb)
C. Layanan Bimbingan dan Konseling yang diberikan
Layanan Orientasi
Layanan Informasi
Layanan Bimbingan Penetapan dan Penyaluran
Layanan Bimbingan Belajar, Karir, Pribadi, Sosial
Layanan Bimbingan Kelompok/Klasikal
Layanan Konseling Individual
Layanan Konseling Kelompok
D. Konsultasi
Guru-guru (formal atau informal)
Orang tua (panggilan dari sekolah atau kunjungan ke rumah)
Psikolog/Psikiater/Dokter, dsb (sifatnya referal)
E. Pertemuan / Rapat
Rapat rutin Bidang BK
Kegiatan Sanggar
Pertemuan Guru BK antar jenjang
F. Pelatihan / Penataran
Dengan tujuan meningkatkan wawasan pengetahuan dan keterampilan Guru BK.
G. Evaluasi dan Tindak lanjut
Membuat laporan 2 bulanan (kepada Ka. Sek. & Ka. Bid.)
Membuat Evaluasi Prosata
Siswa SLTPK 5 sedang melihat poster mengenai AIDS di muka ruang BP
RENCANA KERJA GURU PEMBIMBING
NO.
K E G I A T A N
07
08
09
10
11
12
01
02
03
04
05
06
1
ADMINISTRASI BIMBINGAN
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
1
A. DATA SISWA
-
X
X
-
-
-
-
-
-
-
-
-
1
B. BUKU KOMUNIKASI
X
X
X
X
X
X
X
X
X
X
X
X
1
C. BUKU KEGIATAN SEHARI-HARI
X
X
X
X
X
X
X
X
X
X
X
X
1
D. BUKU KASUS
X
X
X
X
X
X
X
X
X
X
X
X
1
E. KARTU KONSELING
X
X
X
X
X
X
X
X
X
X
X
X
1
F. PETA MURID
X
X
X
X
X
X
X
X
X
X
X
X
1
G. PETA KELAS
X
X
X
X
X
X
X
X
X
X
X
X
1
H. SOSIOGRAM
-
-
-
-
-
-
X
X
-
-
-
-
2
BIMBINGAN KLASIKAL
X
X
X
X
X
X
X
X
X
X
X
X
2
A. PRIBADI
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
2
B. SOSIAL
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
2
C. BELAJAR
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
2
D. KARIER
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
3
BINA REMAJA
-
X
-
-
X
-
-
-
-
-
-
-
4
KONSELING INDIVIDUAL
X
X
X
X
X
X
X
X
X
X
X
X
5
PERTEMUAN DENGAN ORANG TUA MURID
X
X
X
X
X
X
X
X
X
X
X
X
6
PERCAKAPAN DENGAN GURU/WALIKELAS/KASEK
X
X
X
X
X
X
X
X
X
X
X
X
7
KUNJUNGAN
X
X
X
X
X
X
X
X
X
X
X
X
MATERI LAYANAN BIMBINGAN
Layanan bimbingan hendaknya disesuaikan dengan tujuan dan sasaran layanan bimbingan serta karakteristik tujuan dan perkembangan siswa dalam aspek pribadi-sosial, pendidikan serta karier. Disamping itu sebaiknya diperhatikan pula kebutuhan siswa dari masing-masing tingkatan kelas. Namun pengelompokan isi layanan menurut tingkatan kelas, jangan digunakan secara kaku, tetapi harus ditetapkan secara fleksibel. Dengan memperhatikan hal itu, isi layanan bimbingan di SLTP untuk setiap kelas adalah sebagai berikut :
Kelas I
1. Bimbingan Pribadi-sosial :
Memahami ciri-ciri kecakapan diri sendiri (mengenal kekuatan dan kelemahannya).
Mendiskusikan cara-cara mengatur kegiatan sehari-hari.
Membedakan antara hal-hal yang membantu dan berbahaya bagi kesehatan fisik.
Mendiskusikan tanggung jawab siswa di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat.
Menelaah tekanan-tekanan yang dirasakan datang dari kelompok sebaya.
Mengetahui bahwa mendengarkan dan berbicara secara tepat/ sopan membantu memecahkan masalah.
Memberikan contoh bahwa pengalaman di masa lalu berpengaruh pada tindakan saat ini masa yang akan datang.
2. Bimbingan belajar :
Mengembangkan rencana untuk mengatur waktu belajar.
Mengembangkan motivasi yang mendorong agar mampu belajar sebaik mungkin.
Mempelajari cara-cara belajar yang efektif dan efisien.
Menemukan cara-cara menghadapi ulangan/test.
3. Bimbingan karier :
Mengetahui dan menelaah pekerjaan-pekerjaan yang sesuai dengan diri sendiri.
Memperkirakan adanya perbedaan macam-macam karier masa kini dan masa yang akan datang.
Menjelaskan bahwa pekerjaan dapat memenuhi kebutuhan hidup.
Menelaah bermacam-macam cara untuk melihat kemajuan diri.
Kelas II
1. Bimbingan pribadi-sosial :
Mendiskusikan cara seseorang memandang dirinya
Memperkirakan perasaan-perasaan dalam berbagai situasi
Memberikan informasi tentang cara-cara pencegahan yang berkenaan dengan penyalahgunaan obat-obat terlarang.
Mengetahui kebaikan-kebaikan (kualitas positif) dari orang lain yang berbeda latar belakang kebudayaannya
Belajar bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari
Memahami peran sebagai anggota keluarga (status anak)
Mengetahui cara mengatasi konflik dengan orang lain
Menjelaskan bahwa memiliki banyak informasi dapat membuat alternatif pemecahan masalah makin baik.
2. Bimbingan belajar :
Menilai pentingnya mengatur keseimbangan antara waktu belajar dengan kegiatan ekstra-kurikuler
Mengenal dan mencari informasi di luar sekolah yang menunjang pencapaian tujuan belajar.
Memahami teknik-teknik belajar dengan menggunakan sumber-sumber baik di dalam maupun di luar sekolah
Mempersiapkan diri untuk menghadapi ulangan/test.
3. Bimbingan karier :
Menjelaskan adanya kesamaan dan perbedaan peran dalam pekerjaan
Mengetahui kebutuhan-kebutuhan secara khusus untuk mencapai kepuasan dalam suatu pekerjaan.
Menilai bahwa “meneladani” itu dapat mempengaruhi pemilihan karier (Tokoh Karier).
Menggambarkan keterampilan yang dimiliki sekarang untuk digunakan pada masa yang akan datang.
Kelas III
1. Bimbingan pribadi-sosial:
Menerima dan menghargai keunikan ciri-ciri kemampuan diri.
Menggambarkan nilai-nilai pribadi, yang dipandang penting.
Mampu bersikap wajar dalam situasi tertekan.
Menghargai kelebihan (hal-hal yang baik) pada orang- orang yang berbeda latar belakang kebudayaannya.
Belajar menelaah batas-batas tanggung jawab diri.
Mengenal kebiasaan sendiri yang mengganggu dalam membentuk hubungan yang efektif dengan sesama.
Menelaah bahwa keterampilan menyelesaikan konflik dapat menunjang kerjasama dalam kelompok
Menelaah akibat dan manfaat alternatif sebelum membuat keputusan
Memahami pergaulan antarteman sejenis dan lawan jenis.
2. Bimbingan belajar :
Mengevaluasi kebiasaan belajar dan merencanakan perubahan bila diperlukan.
Merencanakan pendidikan lanjutan setelah tamat SLTP
Mempelajari cara-cara belajar yang praktis dan sistimatis.
Mempersiapkan diri dalam menghadapi Ebta/Ebtanas.
3. Bimbingan karier :
Menelaah pola-pola karier yang ada dalam diri dan memahami keterbatasannya.
Menelaah bahwa pilihan yang dibuat sekarang dapat mempengaruhi kehidupan di masa depan.
Menelaah dan mendiskusikan macam-macam karier yang ada pada masa kini.
Menelaah keterampilan kemampuan, bakat dan minat sendiri dalam rangka kelanjutan sekolah atau memasuki dunia kerja.
PROGRAM BIMBINGAN KONSELING KE -II
Ditulis pada Desember 13, 2007 oleh Sulaimanzen
Program BK

Program Bimbingan dan Konseling yang berorientasi dan berbasis kompetensi dengan menggunakan pendekatan Life Skill dan Broad Based Education -BBE dibuat untuk dijadikan sebagai pegangan para guru pembimbing agar mampu menyiapkan peserta didik supaya memiliki daya saing dimasa-masa yang akan datang sehingga sekolah yang unggul dapat terealisir dengan baik. Disamping itu juga sebagai wahana pengembangan dan persamaan misi dan visi program sekolah dari segala komponen dan unsurnya.
Program Bimbingan dan Konseling ini berorientasi pada kurikulum berbasis kompetensi yang meliputi program tahunan, semester, bulanan, dan mingguan. Dokumen ini terbagi dalam beberapa bagian dengan format PDF, dengan rincian materi sebagai berikut:
BAB I Pendahuluan
BAB II Wawasan Bimbingan dan Konseling
BAB III Bimbingan dan Konseling dan Standar Kompetensi
BAB IV Penilaian Hasil Layanan Bimbingan Dan Konseling
BAB V Penutup
Lampiran:
Lampiran 1: Program BK
Lampiran 2: Program Kerja Semester (Semester 1)
Lampiran 3: Program Kerja Semester (Semester 2)
Lampiran 4: Program Kerja Bulanan (Semester 1)
Lampiran 5: Program Kerja Bulanan (Semester 2)
Lampiran 6: Program Kerja Mingguan (Semester 1)
Lampiran 7: Program Kerja Mingguan (Semester 2)
Lampiran 8 - 27: Lampiran Kelengkapan Lain
Kategori : Konseling.

Tidak ada komentar: